Garis Darah Kepemimpinan

Pembahasan kali ini adalah tentang garis darah (blood line) atau nasab atau garis keturunan dan hubungannya dengan kepemimpinan. Selama ini mungkin kita jarang memperhatikan bahwa Pemimpin-pemimpin Indonesia adalah keturunan dari pemimpin-pemimpin di masa lalu sebelum terbentuknya Republik. Begitupun dengan kepemimpinan bangsa-bangsa lain. Selain dalam hal kepemimpinan, disadari atau tidak, garis darah juga berperan dalam pembentukan individu, terutama karakternya. Di dalam Islam, dianjurkan agar mencari jodoh dari garis keturunan baik. Adapun saya bukan ingin berteori, tetapi akan menyebutkan beberapa Tokoh Nasional maupun Dunia yang mempunyai garis darah yang baik.

Nabi Muhammad Sallallahu’alaihiwassallam, adalah beliau merupakan manusia paling mulia didalam ajaran Islam. Akhlak nya tiada tertandingi diantara manusia, kepemimpinannya terbaik sepanjang masa. Adalah beliau yang mulia merupakan keturunan dari Pemuka-pemuka bani Quraisy dan merupakan keturunan dari Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam dan Nabi Ismail ‘Alaihissalam.



Nabi Ibrahim disebut sebagai Bapak para Nabi karena dari keturunan beliau lah Manusia-manusia mulia dilahirkan, Nabi Isa ‘Alaihissalam, Nabi Ishak ‘Alaihissalam, Nabi Yaqub ‘Alaihissalam, Nabi Yusuf ‘Alaihissalam, Nabi Daud ‘Alaihissalam, Nabi Sulaiman ‘Alaihissalam dan lain sebagainya.

Sultan Muhammad al Fatih dari Dinasti Ottoman (sekarang Turki). Beliau adalah keturunan Pendiri Kesultanan Ottoman dan keturunan Raja-Raja Ottoman yang mengguncang Eropa. Sultan al Fatih berhasil mengeksekusi apa yang disabdakan Nabi yang Mulia, bahwa akan ditaklukkannya Kekaisaran Romawi Timur di Konstatinopel (sekarang Istanbul).

Sultan Muhammad al Fatih

Negara Eropa adalah yang paling getol dalam menganut sistem blood line dalam kepemimpinannya. Kekaisaran Romawi, Kekaisaran Perancis, Kerajaan Inggris, Kerajaan Belanda, Kerajaan Spanyol, Prusia, Rusia dan lain sebagainya. Bahkan di Kerajaan Inggris dan Belanda, perempuan bisa menjadi pemimpin kalau sang Raja tidak mempunyai anak lelaki, garis keturunan langsung dari Raja sebelumnya. Contoh lain dapat dilihat pada film “Kingdom of Heaven” ketika Godfrey, Baron of Ibelin, Kingdom of Jerusalem, meninggal, penggantinya adalah anaknya, Balian yang menjadi Baron of Ibelin selanjutnya.

Balian (kiri) dan Godfrey (kanan) dalam film Kingdom of Heaven

Untuk Tokoh Nasional ada nama-nama berikut.
Raden Sukarno, Presiden Pertama NKRI. Beliau adalah anak dari Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai Sukarmini. Raden Soekemi adalah keturunan dari Sultan Kediri dan Ida Ayu Nyoman Rai Sukarmini adalah perempuan bali kasta brahmana, dari keturunan bangsawan. Paman Ida Ayu Nyoman Rai adalah Raja Singaraja terakhir.
Raden Sukarno

Pak Haji Agus Salim. Menteri Luar Negeri dan Diplomat Kece di zaman Pemerintahan Sukarno ini adalah pria berdarah Minang kelahiran Koto Gadang. keturunan Seorang Hoofd Jaksa atau Kepala Jaksa di Pengadilan Tinggi Riau, Jabatan yang termasuk tinggi untuk pribumi di Zaman Pemerintahan Hindia Belanda.

Pak Haji Agus Salim

Sultan Hamengkubuwono IX, Raja dari Kerajaan Ngayogyakarta hadiningrat, Wakil Presiden di era Suharto, dan juga kerajaan pertama yang langsung bergabung ke republik ketika Kemerdekaan telah diproklamasikan.

Sultan HB IX

Mr.Crack, Presiden BJ.Habibie, adalah keturunan dari Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA. Tuti Marini Puspowardojo. Ibunya, RA. Tuti Marini Puspowardojo adalah seorang terpelajar keturunan bangsawan Ngayogyakarta Hadiningrat.

Prof BJ. Habibie

Dan masih banyak lagi tokoh-tokoh, baik tokoh Dunia, Nasional dan Daerah yang berasal dari garis darah yang mempunyai pengaruh pada masanya. Namun, garis darah bukanlah segalanya karena dalam Islam diajarkan bukan keturunan bangsawan atau orang kaya lah yang menjadi manusia terbaik, tetapi manusia yang paling bertaqwa kepada Tuhannya, yang bermanfaat bagi sesama dan paling baik akhlaknya.
Wallahu’alam 

2 Komen:

Info Bacan mengatakan... Reply Comment

HOS. Cokroaminoto keturunan Kyai Kasan Besari (gurunya Pangeran Diponegoro) dan keturunan bangsawan Jawa Timur.

Admin raon-raon(dot)com mengatakan... Reply Comment

Besari? apa ada hubungan dgn Ainun Besari istri BJ Habibie?