STAN? Kampus Gue Tuh (Tips & Trik)


Sebuah tips dari seorang anak SMA yang tersesat ke STAN

Assalamu'alaikum Warahmatulahi Wabarakatuh, Salam sejahtera bagi kita semua
Sodara- sodara sebangsa dan setanah abang air, perkenankanlah dahulu saya untuk memperkenalkan diri saya, seperti kata pepatah, habis gelap terbitlah terang, habis manis sepah dibuang, anjing menggonggong kucing lah tetap berlari, bersakit-sakit dahulu koma kemudian, Loo he? gak salah tu? 
Oia, maksud saya tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta :* halah…
Nama saya Ma'arif Siregar, boleh panggil ma'arif  atau arif, tapi jangan panggil ma' atau ma'a. Berasal dari sebuah Sekolah Menengah Atas yang berada bersebelahan sangat dekat dengan terminal di kota yang bersangkutan ( jangan heran kalo tingkah manusia- manusia di dalamnya kayak preman :D ). 
Alhamdulillah, setelah lulus dari SMA tsb saya memberanikan diri untuk membayar seratus ribu rupiah (Rp 100.000,00) sebagai suap persyaratan
agar diterima diijinkan untuk ikut seleksi penerimaan mahasiswa di Sebuah Perguruan Tinggi Kedinasan di kota Tangsel, kalo gak salah PTK tersebut namanya STAN huaaa..
Sekarang saya udah tingkat 2 (Alhamdulillah T_T )  spesialisasi akuntansi ( bukan spesialis akuntansi, saya bukan dokter, apalagi dokter spesialis akuntansi). loh mas, mau nulis tentang STAN atau mau buat biografi ini? ckck...
Okelah kalo beg gitu, karena mas- mas yang lagi duduk dipojokan sambil makan cimol udah gak sabar ngebaca artikel saya ini sampe habis, maka akan saya akan lanjut perkenalan bercerita tentang pengalaman saya.
Saya akan membuat artikel tips dan trik dari pengalaman saya mengikuti tes USM STAN tahun 2009,, jadi ini penglaman saya yang langsung merasakan hot atau panas nya atmosfer saat USM, heleh ,yang alhamdulillah saya lulus.
1. Bahas soal-soal STAN dari tahun-tahun sebelumnya
Datang aja ke Grame**a ( saya gak dibayar buat promosi), pilih salah satu buku kumpulan soal bahas STAN yang paling bagus covernya ( kalau bisa yang paling banyak tahun soalnya, paket soal bahas 10 tahun, 20 tahun atau 100 tahun, hehe...)
Oia, jangan terlalu percaya ama jawaban tu buku (syirik lah), bisa jadi pembahasannya salah. Udah dapat tu buku, bawa pulang, bahas- bahas deh (oia, jangan lupa bayar ke kasir tu buku tadi).
Ada 2 jenis soal USM STAN, TPA n B. Inggris, dulunya sih ada tiga yaitu TKU, B.Indonesia n B.Inggris, TPA n B.Inggris dimulai sejak tahun 2009 (tahunnya saya masuk) nanti saya jelasin tentang soal2 STAN tsb.
Banyak-banyak bahas tu soal sampe muntah tiap hari, gak mesti dipatokin berapa soal per hari, yang penting kontiniu dan gak angin- anginan, musti konsisten lah.
2. Ikuti Try Out STAN
Try Out ini gunanya sebagai latihan, sehingga kalian-kalian dapat tau kemampuan dan persiapan kalian untuk ikut USM STAN sampai dimana. Di TO STAN biasanya bakal dirangking tu hasilnya, biasanya sih berdasarkan lulus apa enggak nilai mati. Apa itu nilai mati? emang nilai bisa mati ya? ada2 aja.
hei hei, sudah sudah, biarkan saya menjelaskan apa itu nilai mati. Soal USM STAN terdiri dari dua jenis, TPA dan B.Inggris . Soal TPA berjumlah 120 soal dan B.Inggris berjumlah 60 soal. Yang dibilang lulus nilai mati itu jika TPA nya benar 1/3 dari jumlah soal TPA berarti 40 soal dan B.Inggris benar 1/3 dari jumlah soal B.Inggris yaitu 20 soal. jika salah satu atau kedua jenis soal, benarnya tidak sampai 1/3 nya maka dinamakan nilai mati. Innalillah… T.T
3. Ikut Bimbel STAN
Perlu juga bagi adik-adik ketahui, apa kakak? bahwa kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa. Astaghfirullah, maaf ada kesalahan teknis.
Guna dari ikut bimbel STAN, teman-teman dapat menambah ilmu, bagaimana cara menjawab soal USM STAN secara efektif dan efisien, trik2 mengakali waktu ujian dan juga tau bagaimana pesaing-pesaing anda dan kemampuan mereka, ada banyak hal lain yang bisa didapat. trust me, it works!
4. Tips dalam menjawab soal
Karena ini tulisan saya, maka suka-suka saya dong, haha...
krik krik krik...
tips ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya, waktu itu saya dapat wejangan dari mbah tentor paling keren di tempat saya bimbel, Bang Di*n, sebaiknya menjawab soal B.Inggris terlebih dulu atau orang-orang bilang “terlebih dahulu” saat ujian, waktu 15-20 menit digunakan untuk menjawab soal structure yang berjumlah 40 soal dengan asumsi atau lebih tepatnya bahwa dari 40 soal yang dijawab tersebut benarnya lebih dari 20. Lalu waktu yang tersisa digunakan untuk menjawab soal TPA (ditahun saya, soalnya agak membuat pusing, jadi saya cuma bisa jawab 80 soal lebih), jika sudah mentok di TPA nya, gunakan waku yang tersisa, kalau sisa, tapi sisa2 gak bagus buat dimakan, lupakan... jadi waktu yang sisa tadi digunakan untuk menjawab soal B.Inggris yang masih tersisa 20 soal lagi.
5. Pelajari Soal TOEFL
Pengalaman dari tahun ke tahun, kayak udah berulang-ulang ikut USM aja ente gan, soal-soal b.inggris USM STAN banyak mirip dengan soal-soal TOEFL, fokus ke grammar nya tapi jangan tinggalkan vocab, kasian dia jadi yang terbuang.
Saran saya sih, pake TOEFL Cli*f yang covernya warna kuning (sekali lagi saya bukan mau promosi).
6. Pelajari Soal-Soal TPA dari Buku lain
Banyak sekali Buku-buku TPA dijual di toko-toko buku, tinggal pilih saja, jangan lupa bayar, bayar lah dengan uang pas. opo to le? ckck
Sering -seringlah menabung agar bisa membeli buku TPA,  maksud saya sering-sering bahas soal TPA dan baca trik bagaimana menghancurkan keangkuhan dan kecongkakan soal-soal TPA, nanti hasilnya, kalian jadi lebih gampang ngejawab soal-soal TPA STAN. Tapi, Tipe TPA itu ada psikotesnya, jadi semua jawaban orang bisa aja benar, itu mungkin yang akan mempengaruhi seseorang masuk spes apa.
7. Doa, Tawakkal, dan Keyakinan akan Lulus
Ini ni yang paling penting, doa dan tawakkal. Usaha-usaha kita musti dibarengi dengan doa, baru abis tu tawakkal. Kebanyakan kita kan sebaliknya, usaha gak ada, abis tu tawakkal, gimana mau lulus, ckck
Minta juga doa dari orang tua, orang-orang terdekat kita dan yakinlah doa itu akan dikabulkan.
Oia, ada beberapa hal yang saya yakin, tepat nya saya meyakinkan diri, bahwa, tidak semua yang ikut tes USM STAN itu persiapannya bagus, 90% hanya meramaikan saja. terbukti gan, hohoho :P

Nah, entu wejangan-wejangan gak penting dari saya, kasi cendol ya gan, awas kalo bata, ane lempar pake botol. hah, makin malam semakin galau, lupakan
lanjut, saya kasi sedikit tips dari pengalaman saya menjelang USM, dari generasi ke genarasi yang sudah menjadi tradisi,
cekidot gan!
  
1 Hari Sebelum Ujian
Gunakan hari ini untuk mengistirahatkan badan dan pikiran, sebaiknya jangan membahas soal lagi, walaupun mau sekedar membaca bacaan saja yang perlu diingat. 
Telepon orang tua, saudara, teman-teman dekat, pacar (kalau ada, kalau enggak telepon saya aja bagi yang cewek, hohoho) Pak RT, RW, Lurah, minta doa nya buat dimudahkan ujian besok harinya. 
Lihat lokasi ujian dan cari dimana toiletnya, penting ni.
Bagi yang naik angkot pas ujian besoknya, nah ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, cari angkot yang langsung menuju ke tempat ujian, tidak muter muter lewat jalan lain, cari tau apakah angkot tersebut sudah ada ketika anda mau berangkat ke lokasi ujian, Pengalaman jadi supir angkot ya mas? haha
Usahakan jangan berdomisili terlalu jauh dari lokasi USM, sebaiknya anda menginap di rumah saudara, kenalan atau teman.
Hari Penuh Harapan dan Perjuangan, Hari USM STAN
Usahakan bangun lebih awal, oia malamnya sebaiknya tidur lebih awal, agar lebih fresh, bagi yang muslim kalau masih sempat laksanakan shalat tahajjud, minta agar dimudahkan saat ujian dan diluluskan. Jangan lupa sarapan agar pikiran segar waktu menjawab soal. Periksa apa-apa saja yang mau dibawa, seperti pulpen, pensil 2B, penghapus, rautan dan kartu ujian. Usahakan datang lebih awal, jangan sampai terlambat.
Mulailah dengan doa, yakinkan diri bahwa kita bisa, kita akan lulus. Jika sesaat kamu blank dan tidak tau, Pejamkan mata lalu, bayangkan wajah kedua orang tua mu, sebut nama mereka berdua…(KKKG)
Demikian cerita, trik dan tips serta pengalaman gak penting dari saya, semoga bermanfaat, sukses buat yang akan ikut USM STAN tahun ini, sampai jumpa di Kampus perjuangan Ali Wardhana Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.


Bintaro, 3 januari 2010


7 Komen:

Anonim mengatakan... Reply Comment

cemungundh yach kakak !!!

Ma'arif mengatakan... Reply Comment

anonim
yep, semangat semangat

isw_banna mengatakan... Reply Comment

keren ngakak ane baca bumbu-bumbu
tulisan ente Rif

patut jadi Hot Thread nih

Ma'arif mengatakan... Reply Comment

hahaha
makasih bang

wah2, nnti kena bata bs gawat bng

Hani Alima mengatakan... Reply Comment

bagus karangannya ka ^^b

Ma'arif mengatakan... Reply Comment

@hani
terima kasih :)

" rumah umi mengatakan... Reply Comment

Jazakkalloh khyr...abang doain putera ana bisa masuk stan 'juga yaa...